Rem Blong, Sikat Tebing


BATU – Karena panik akibat rem blong, Suparno, 46 tahun warga Desa Sumberayu Kecamatan Dampit, menabrakan truk Mitsubishi Fuso yang dia kemudikan pada tebing Payung, Senin (2/7) siang. Akibatnya, truk N 8186 EU tanpa muatan itupun. terguling dan membuat jalur Batu-Pujon teruputus.
Sebelum menabrak tebing, kendaraan yang baru menjalani perjalanan dari Ngoro Kabupaten Jombang, ini nyaris menabrak truk molen dan sebuah Suzuki Carry. Suparno sendiri sempat terjebak dalam kabin, dan mengakibatkan luka-luka pada tubuhnya.
Menurut Parno, saat itu dia baru mengantar kopi asal Dampit ke Ngoro, namun sesampai di kawasan Payung dalam perjalanan pulang, dia berusaha menginjak rem beberapa kali. Tapi rem ternyata blong.
‘’Saya langsung panik. Masalahnya rem sebelumnya juga tidak ada masalah, dan saya aman menjalankan kendaraan dari Ngoro hingga daeah sini (Payung). Saya tidak tahu mengapa rem tiba-tiba tidak berfungsi,’’keluh  Parno.
Dia menjelaskan, saat itu ada dua kendaraan di depannya yang sudah berhenti karena adanya pengecoran di pinggir jalan. Parno yang kalut, membanting stir ke kanan yang masih sepi kendaraan. ‘’Kalau saya menabrak Suzuki Carry dan kendaraan lain di depan, pasti akan timbul korban. Makanya saya cepat ambil keputusan,’’tambahnya.
Menurutnya, dia biasa mengantar kopi ke Jombang bersama anaknya. Namun kemarin anak lelakinya sedang sekolah,. Dia berangkat dari Dampit, Minggu malam dan kembali dari Jombang, siang kemarin.
Petugas Polres Batu yang datang ke lokasi, berhasil melakukan evakuasi sekitar dua jam setelah kejadian. Itu karena mereka masih harus menunggu mobil derek, dan proses evakuasi sendiri juga tidak gampang. Sedangkan untuk menghindari kemacetan total, petugas melakukan sistem buka tutup dengan memanfaatkan lahan parkir warung-warung untuk jalur kendaraan.
Sementara itu salah satu saksi mata, menuturkan, dia melihat kendaraan itu melaju dengan kecepatan lumayan tinggi sebelum menabrak tebing. Kendaraan sempat terbang, dan akhirnya terguling pada bahu jalan. ‘’Saya berteriak dambil menutup mata. Kalau ada kecelakaan seperti ini, saya trauma karena dulu pernah ada kendaraan menabrak warung,’’ungkap Sari saksi mata. (feb/lyo) #sumber malang post

Arema Netnab

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.