Eko Yuli Persembahkan Perunggu


Getty Images
London - Indonesia meraih medali pertamanya di Olimpiade 2012. Di cabang olahraga angkat besi kelas 62 kg putra, Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali perunggu.

Dalam pertandingan yang berakhir Selasa (31/7/2012) dinihari WIB, Eko Yuli Irawan berhasil membukukan total angkatan 317 kg. Angkatan snatch terbaiknya adalah 145 kg, sementara untuk clean and jerk dia berhasil mengangkat beban seberat 172 kg.

Hasil tersebut membuat Eko Yuli duduk di posisi tiga dan berhak atas medali perunggu. Sebagai catatan, ini adalah medali Olipiade kedua yang dia raih, setelah di Beijing empat tahun lalu dia juga mempersembahkan perunggu.

Meraih emas di nomor ini adalah Kim Un Guk (Korea Utara) setelah membuat total angkatan 327 kg. Selain meraih emas, Kim Un Guk juga menajamkan rekor Olimpiade setelah membuat angkatan snatch 153 kg, sementara angkatan clean and jerk yang dia buat adalah 174 kg. Total angkatan Kim Un Guk juga membuatnya mencatatkan rekor dunia baru.

Medali perak menjadi kepunyaan Oscar Albeiro Figueroa Mosquera (Kolombia) dengan membuat total angkatan 317 kg. Pada angkatan snatch, Oscar Albeiro berhasil membukukan angkatan 140 kg, sementara untuk clean and jerk dia berhasil hingga 177 kg, yang sekaligus menjadi rekor baru Olimpiade.

Meski punya total angkatan sama dengan Eko Yuli, yakni 177 kg, Oscar Albeiro berhak atas medali perak karena dia punya bobot tubuh sedikit lebih ringan.

Indonesia sesungguhnya punya dua wakil di nomor 62 kg ini, namun Muhamad Hasabi cuma bisa berada di posisi tujuh dengan total angkatan 301 kg.


( din / krs ) #sumber detik.com

Arema Netnab

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.