Jes ....... Ngalam-Nenjap wes osi numpak rupes komuter ........... sam !!!


MALANG– Setelah gagal diluncurkan pada 29 Juni lalu, kereta Komuter Lawang-Kepanjen bakal dilaunching dan dioperasikan pada 5 Juli mendatang. Rencananya, Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan Gubernur Jatim Soekarwo yang akan melaunching perdana Komuter Lawang-Kepanjen itu.
Lokasi launching sudah ditetapkan Dinas Perhubungan Jatim di Kota Malang, tepatnya di Stasiun Kota Baru Malang. Kota Malang dipilih karena berada di tengah-tengah rute perjalanan Komuter Lawang-Kepanjen, dan juga termasuk stasiun besar yang ada di Malang raya. “Launching dipastikan tanggal 5 Juli mendatang. Pak Menteri langsung yang akan meresmikan peluncuran Komuter Lawang-Kepanjen di Kota Malang,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang M. Yusuf kepada Malang Post, kemarin.
Sebelumnya, peluncuran Komuter akan dilakukan pada akhir Juni. Karena, pada akhir Juni sampai dengan tanggl 4 Juli, Gubernur Jatim tidak ada di tempat. Masih ada tugas kedinasan di luar kota. Karena itu, peluncuran ditetapkan pada 5 Juli mendatang.
KA Komuter Surabaya-Malang atau kereta rel diesel ekonomi air conditioner (KRDE AC) yang akan diluncurkan Juli mendatang telah melakukan ujicoba Rabu 6 Juni lalu.  Rangkaian kereta yang belum diberi nama itu telah diuji coba dari Stasiun Gubeng ke Malang sejauh 96 kilometer tanpa ada gangguan apapun sehingga siap dioperasikan .
Dalam ujicoba tersebut, kemampuan kereta cukup fit. Meskipun di lintasan KA  Bangil, Pasuruan, kemiringannya mencapai 23 derajat.
“Soal tarif sudah ditetapkan. Awalnya kami tetap meminta agar tarifnya lebih ekonomis di sekitaran Rp 5 ribu. Tapi, belum mendapat persertujuan sehingga di putuskan Rp 12 ribu untuk tariff Lawang-Kepanjen,” terangnya.
Saat peluncuran nantinya akan dilakukan tarif diskon selama satu bulan pertama. Tarif yang semula Rp 12 ribu hanya dikenakan Rp 10 ribu. Untuk sementara, tempat parkir atau kolong kereta masih berada di Surabaya. Kereta berangkat dan pulang akan langsung ke Surabaya. Karena berangkat dari Surabaya, komuter akan tetap membawa penumpang yang akan langsung ke Malang atau langsung Kepanjen. Tarif yang dikenakannya Rp 35 ribu. Penumpang mendapat diskon Rp 3 ribu, jadi hanya ditarik Rp 32 ribu. (aim/udi)

Arema Netnab

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.