Tiru Jeonju World Cup Stadium


Rencana Penambahan Kapasitas Kanjuruhan
MALANG- Penambahan kapasitas Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu usulan yang dilontarkan Divisi Panpel Arema saat bertemu Presiden Klub Arema, H.Rendra Kresna, Jumat (20/7) lalu. Dengan menambah kapasitas, stadion yang menjadi kandang Singo Edan tersebut tentu bisa menampung lebih banyak penonton tiap kali klub berlogo kepala singa menggelar partai home.
Wacana yang dimunculkan adalah membangun tribun berdiri di sisi utara dan selatan belakang gawang stadion. Ide tersebut mengacu sistem tribun berdiri seperti yang ada di Jeonju World Cup Stadium, Korea Selatan. “Desainnya seperti di Korea. Penambahan tribun di utara dan selatan itu nantinya bisa menambah kapasitas penonton hingga lima ribu orang,” terang Ketua Panpel Arema, Abdul Haris.
Tentu saja yang dicontoh hanyalah desain tribun berdiri stadion yang merupakan markas klub Jeonbuk Hyundai Motors tersebut. Pasalnya, untuk menggarap stadion serupa dengan kandang The Greens (julukan Jeonbuk) bakal merogoh kocek hingga 133, 1 Milyar Won (mata uang Korsel).
Tahun lalu, skuadra Singo Edan berkesempatan menjajal stadion berkapasitas 43 ribu penonton tersebut, tepatnya saat Arema menantang tuan rumah Jeonbuk dalam match day Liga Champions Asia (LCA) 2011.
Panpel berharap ide ini bisa diterima, sehingga bisa langsung dikerjakan. Diprediksi, tribun berdiri sudah siap digunakan pada perhelatan kompetisi musim depan. “Ini baru sebatas rencana. Kita masih butuh persetujuan pihak-pihak terkait. Tapi desain sudah mulai kita garap. Paling tidak, kalau bisa segera dikerjakan akan selesai sebelum kompetisi mulai,” timpal Haris kepada Malang Post.
Gagasan penambahan tribun berdiri sebenarnya sudah pernah diaplikasikan Panpel Arema beberapa waktu lalu. Yakni saat Singo Edan menjamu Persegres Gresik United (30/6). Mengantisipasi ledakan jumlah penonton yang penasaran dengan laga home pamungkas klub berlogo kepala singa di ISL 2011-2012, ditambah kehadiran Ultras Mania (suporter Persegres), maka panpel membangun tribun berdiri sederhana dari barikade besi.
Stadion Kanjuruhan sendiri disebut-sebut bisa menampung penonton hingga kisaran 40 ribu. Meski pada faktanya, Panpel Arema menggelontorkan jumlah tiket maksimal hanya untuk 33 ribu penonton saja dari kapasitas normal 35 ribu. Nantinya, penambahan kapasitas selain berdampak positif bagi pemasukan panpel juga bisa menguntungkan pendapatan daerah Kabupaten Malang. (tom/bua)#sumber malang post

Arema Netnab

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.